Searching...

Way Kambas, Atraksi Gajah di Hutan


Way Kambas merupakan tujuan kunjungan berpariwisata seru bersama keluarga. Taman nasional way kambas merupakan perwakilan ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang/semak belukar, dan hutan pantai di Sumatra. Memilki 50 jenis mamalia, antara lain badak Sumatra (Dicerorhinus sumatrensis), gajah sumatra (Elephas maximus sumatrani), harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae), tapir (Tapirus indicus), anjing hutan (Cuon alpinus sumatrensis), siamang (Hylobates syndactylus syndactilus); 406 jenis burung, antara lain bebek hutan (Cairina scutulata), bangau sandang lawe (Ciconia episcopus stormi), bangau tono-tong (Leptopilis javanicus), sempidan biru (Lophura ignita), kuau (Argusianus argus argus), dan pecuk ular (Anhinga melanogaster) serta berbagai jenis reptilia, amfibi, ikan, dan insekta.
 
 
Taman nasional ini berada di Jalan Raya Way Jepara, Labuhan Ratu Lama, Lampung. Terletak di antara Kabupaten Lampung Timur dan Kabupaten Lampung Tengah. Waktu tempuh perjalanan untuk mencapai lokasi ini cukup lama. Jika dari Bandar Lampung, melalui jalan darat, lebih kurang 6 jam 30 menit. 
 

Jadi, sebaiknya memang Anda menyiapkan diri sebaik mungkin untuk menuju lokasi wisata ini dan tinggal di daerah sana dengan berkemah atau tinggal di wisma pawang gajah. Seru dan Anda tidak akan kecewa setibanya di sana.

Anda bisa menikmati atraksi gajah yang sudah terlatih, mulai dari atraksi gajah menari, mengalungkan bunga, berjabat tangan, dan berenang hingga atraksi gajah dengan iringan musik dan sepakbola gajah. Anda juga bisa menunggang gajah ini dengan membayar sejumlah uang tentunya. Gajah di taman nasional itu tidak berada dalam kehidupan liar yang sebenarnya karena mereka semua berada dalam program pelatihan gajah. Gajah yang masih liar dijinakkan dan dilatih di Pusat Pelatihan Gajah (9 km dari pintu gerbang Plang Ijo).


Taman Nasional ini memilki Suaka Rhino Sumatra (SRS) yang merupakan satu-satunya tempat pengembangbiakan satwa liar badak sumatra di Indonesia. Bahkan SRS merupakan satu-satunya lokasi tempat pengembangbiakan badak sumatra secara semi-alami di Asia. Namun kunjungan wisata alam di SRS sangat dibatasi demi kepentingan penelitian dan pengembangan hewan badak itu.
Sebuah lokasi yang pas bukan? Pasti menarik jika Anda dapat melihat gajah beratraksi dan gajah itupun masih tinggal di dalam hutan yang sepi sebagaimana seharusnya.

0 komentar :

Post a Comment

 
eXTReMe Tracker